Bunga Rampai Pendidikan Anak Usia Dini

Bulan Maret 2020 akan selamanya tercatat dalam sejarah Republik Indonesia sebagai bulan yang telah mengubah pendidikan. Atas nama kesehatan dan keselamatan publik, seluruh satuan pendidikan di pelosok negeri secara perlahan ditutup untuk sementara. SeƟ ap pendidik di Indonesia, baik orang tua, guru maupun orang dewasa lainnya, mengetahui satu hal, yaitu: mereka akan kesulitan untuk kembali ke lembaga pendidikan secara fi sik, dalam waktu tak menentu. Kenyataan pelik ini secara nyata menggeser pembelajaran ke rumah masing-masing orang tua, dan memaksa semua pihak untuk memainkan peran dan tanggung jawab lebih dalam pendidikan anak daripada sebelumnya. ArƟ kel ini mengulas bagaimana pandemi COVID-19 telah mengubak prakƟ k pendidikan anak usia dini (PAUD) di Indonesia. Dengan merujuk pada literatur dan studi empirik terpercaya dari berbagai sumber dan negara, arƟ kel ini menemukan bahwa, dengan atau tanpa adanya COVID-19, fokus pembelajaran anak usia dini tetap berada pada penanaman nilai-nilai karakter kinerja dan moral. Pun demikian dengan penggunaan teknologi dalam pembelajaran yang Ɵ dak dapat dihindari, karena masyarakat Indonesia dan dunia telah memasuki era teknologi. Namun demikian, yang berbeda sejaƟ nya adalah tuntutan terhadap kolaborasi yang lebih baik antara orang tua, guru, dan pemangku kebijakan pendidikan.

- oleh Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini

Tentang SIPUSWITA

aplikasi yang dikembangkan oleh DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN MOJOKERTO untuk mengetahui literasi seputar wanita dan anak.